ads

Responsive Advertisement


Tombol start/stop mesin yang ada pada mobil salah satu fitur yang telah dibuat oleh mobil kalangan modern. Fitur ini membantu meminimalisir pencurian mobil. Airless Entry saat kunci kontak sudah dihidupkan atau lebih jelas lagi pada saat mesin hidup. Apa penyebab Keyless Mobil Menyalah Terus?

Penyebab Keyless Mobil Menyalah Terus


1. Gangguan Gelombang

 

Tombol pintar atau keyless entry memerintahkan komponen mesin mobil Anda untuk menyala berdasarkan gelombang frekuensi. Jika frekuensi tersebut diganggu, mesin mobil akan kesulitan menerima perintah, meskipun mobil dalam keadaan hidup dan lampu indikator masih menyala.

Menahan tombol di dekat TV atau ponsel akan menyebabkan interferensi frekuensi entri tanpa kunci. Penyebab kegagalan poros ini bukan hanya pada kuncinya saja, namun juga pada bagian-bagian kendaraannya.

 

2. Kunci Mobil Tidak Sesuai

 

Penyebab lainnya adalah penggunaan kunci yang tidak kompatibel dengan immobilizer.

Ketika entri tanpa kunci menyentuh tombol start/stop mesin, immobilizer menerima kode dari entri tanpa kunci dan mengakses modul kontrol mesin untuk menghidupkan mesin mobil. Jika kode yang dibaca immobilizer tidak cocok, modul Immo akan kesulitan mengakses unit kontrol mesin.

 

 

 

3. Rolling kode Eror

 

Penyebab indikator keyless menyala selanjutnya adalah kode bergulir atau error pada modul immo. Rolling code merupakan alat khusus pada sistem immobilizer yang bertugas mengirimkan gelombang frekuensi ke mesin mobil dan membaca kode dari smart key atau keyless entry system agar dapat mengakses unit kendali mesin.

Baca Juga : Keuntungan Memakai Sparepat ASLI

Mirip dengan komponen umum yang rusak atau telah mencapai akhir masa pakainya, kesalahan kode bergulir ini disebabkan oleh kerusakan atau akhir masa pakainya.

Idealnya, masa pakai komponen ini hanya 5 tahun. Setelah lima tahun, Anda harus mengatur ulang program kode bergulir Anda. Namun masalah seperti itu jarang terjadi dan tidak terjadi pada semua jenis kendaraan modern.

 

4. Batrai Habis

 

Selain menggunakan frekuensi radio, keyless entry juga mengandalkan baterai sebagai sumber tenaganya. Baterai yang kosong membuat teknologi ini sulit berfungsi maksimal.

Tanda aki keyless entry mati adalah jika kunci digunakan terlalu dekat dengan tombol start/stop mesin.

Gejala lain dari baterai keyless entry yang mati adalah lampu indikator mulai meredup dan kemudian berubah menjadi kuning.

Dalam hal ini, segera ganti baterai sistem penguncian sentral tanpa kunci di bengkel khusus. Sebaiknya jangan mengganti baterai kunci sendiri, karena berisiko merusak komponen immobilizer jika tidak hati-hati.

 

5. Keyless Terkena Air

 

Mengekspos atau merendam keyless entry Anda di dalam air dapat merusak kunci dan mencegahnya bekerja secara optimal. Entri tanpa kunci memiliki komponen dan fungsi yang sama dengan perangkat elektronik lainnya. Oleh karena itu, jika kunci terkena atau terendam air, maka akan cepat rusak dan berhenti bekerja.

Keyless entry atau smart key yang rusak tidak dapat diperbaiki. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan kunci cadangan atau kunci darurat yang disediakan oleh pihak dealer mobil saat Anda membeli mobil tersebut. Beli entri tanpa kunci baru dengan harga menarik.

Oleh karena itu, untuk menghindari kondisi ini, Anda harus sangat berhati-hati agar pintu masuk tanpa kunci tidak terkena air atau merendamnya di dalam air.

 

6. Tidak Bisa Menagkap Sinyal AREA

 

Alasan terakhir mengapa indikator keyless Anda terus berkedip adalah karena receiver mobil Anda tidak berfungsi maksimal. Sistem penerima mobil kesulitan menerima gelombang radio dan sinyal dari remote control keyless sehingga menyulitkan untuk melanjutkan perintah atau mengakses modul kontrol mesin untuk menghidupkan mesin mobil.

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Ads

Responsive Advertisement