ads

Responsive Advertisement

 

Apakah Anda dipecat dan tidak punya uang? Cara cairkan BPJS Ketenagakerjaan




Apakah Anda dipecat dan tidak punya uang? Berikut cara berhenti berlangganan BPJS: Pemutusan hubungan kerja atau yang disebut dengan PHK tentu dapat berdampak serius terhadap keuangan seseorang atau rumah tangga. Pasalnya, berkurangnya pendapatan dapat menyulitkan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.
Jika korban bencana tidak mempunyai tabungan, mereka mungkin akan mempunyai lebih banyak hutang di masa depan. Namun tak perlu khawatir karena Anda tetap bisa mencairkan Jaminan Lanjut Usia (JHT) BPJS Ketenagakerjaan Anda.

BPJS Ketenagakerjaan menawarkan pilihan pembayaran berimbang bagi mereka yang terkena PHK atau memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai langkah-langkah yang diperlukan, silakan kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.nagakerjaan.

Siapkan Beberapa Dokumen-Dokumen Ini


Sebelum melakukan pencairan kredit BPJS Ketenagakerjaan, penting untuk menyiapkan dokumen penting seperti:

- Kartu Peserta BPJAMSOSTEK

- E-KTP

- Buku Tabungan

- Kartu Keluarga

- Dokumen terkait ketenagakerjaan (Surat Pernyataan Ketenagakerjaan, Pemberhentian, Surat Keterangan Pengalaman Kerja, Kontrak Kerja), atau Surat Keputusan Pengadilan Hubungan Perburuhan (PHI).

- NPWP (jika ada)

Dokumen-dokumen ini harus dilampirkan saat mengajukan permohonan manfaat Anda. Dokumen asli tetap diperlukan meskipun itu salinan.

Klaim Uang BPJS nya


Klaim dapat dilakukan secara online atau melalui Departemen BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk proses online, kunjungi lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id dan masukkan terlebih dahulu data diri berupa NIK, nama lengkap, dan nomor anggota.

Sistem secara otomatis memeriksa kelayakan data. Peserta BPJS Ketenagakerjaan akan diarahkan untuk melengkapi instruksi data yang ditampilkan pada portal.

Peserta juga akan diminta untuk mengunggah dokumen persyaratan. Jika berhasil, peserta akan mendapat pemberitahuan dari cabang mengenai jadwal wawancara.

Wawancara akan dilakukan melalui video call, sehingga Anda perlu membawa dokumen asli yang diperlukan.

Setelah proses selesai, uang JHT BPJS Ketenagakerjaan akan ditransfer ke rekening yang Anda tunju.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Ads

Responsive Advertisement